Layanan Perpustakaan

LAYANAN PERPUSTAKAAN UBS

  1. LAYANAN SIRKULASI

Jasa layanan sirkulasi terdiri dari jasa peminjaman, perpanjangan dan pengembalian bahan pustaka (buku).

Jasa layanan ini telah menggunakan sarana komputer, dan masing-masing koleksi buku telah dilengkapi dengan barcode sehingga memudahkan identifikasi , kecepatan dan ketepatan pada proses transaksi di sirkulasi. Pemanfaatan teknologi komputer juga diterapkan untuk penyebarluasan informasi buku, sehingga data buku paling baru dapat secara langsung diakses terminal komputer yang telah tersedia di perpustakaan melalui OPAC.

               Waktu Layanan

               Senin – Jumat: 08.00 – 15.00

 

               Ketentuan layanan sirkulasi:

Syarat – syarat Peminjaman

  • Mahasiswa menunjukkan KTM, Dosen dan Karyawan menunjukkan ID card UBS
  • Mahasiswa dapat meminjam maksimal 3 buku selama 5 hari.
  • Dosen dan staf UBS dapat meminjam maksimal 5 buku selama 30 hari.

 

Denda & Sanksi

    • Bagi semua anggota yang terlambat mengembalikan buku pada waktu yang telah ditentukan dikenakan denda sebesar Rp. 500,- per buku / hari
    • Setiap anggota diwajibkan memelihara buku yang dipinjam sebaik-baiknya. Apabila buku yang dipinjam rusak maka diwajibkan untuk mengganti kerugian yang ditetapkan oleh perpustakaan atau mengganti buku yang sama (edisi terbaru).
    • Apabila buku yang dipinjam hilang maka peminjam harus mengganti dengan 2 (dua) buku yang sama atau edisi terbaru. Apabila buku tidak ditemukan maka yang bersangkutan segera menghubungi perpustakaan.
    • Bagi semua anggota / pengguna / pengunjung / perpustakaan yang ketahuan merobek atau membawa keluar koleksi tanpa proses akan dilaporkan kepada pimpinan institusi untuk mendapat sanksi akademik dan dicabut keanggotaannya.
    • Pengguna yang tidak mentaati peraturan tata tertib :
  • Tidak diperkenankan lagi menggunakan fasilitas perpustakaan
  • Pengguna perpustakaan yang membawa koleksi pustaka keluar tanpa prosedur yang benar akan dikenakan sanksi sebagai berikut:
  • Dicabut haknya sebagai pemustaka perpustakaan dan Dilaporkan kepada Ka. Prodi dan Dekan untuk mendapatkan sanksi administrasi dan akademis.
  1. LAYANAN VISITOR COUNTER

Penerapan teknologi informasi di perpustakaan UBS salah satunya adalah menggunakan aplikasi visitor counter. Visitor counter merupakan sistem pencatat pengunjung perpustakaan berbasis komputer dapat menjadi solusi untuk mengetahui informasi pengunjung lebih lengkap, akurat. Visitor counter dapat diakases melalui https://digilib.ubs-ppni.ac.id/index.php?p=visitor

  1. LAYANAN KATALOG/ OPAC

Layanan OPAC merupakan suatu layanan perpustakaan untuk memudahkan pemustaka mencari suatu informasi serta meminjam atau mengembalikan buku di perpustakaan.

Layanan OPAC Perpustakaan UBS bisa diakses melalui jaringan internet (https://digilib.ubs-ppni.ac.id/).  Lokasi Layanan OPAC Perpustakaan UBS berada di area samping Layanan Sirkulasi  Perpustakaan.

  1. LAYANAN REPOSITORI

Perpustakaan UBS berupaya memberikan layanan prima kepada seluruh sivitas akademika. Layanan-layanan terbaru secara konsisten terus diberikan untuk mencapai kepuasan pemustaka. Salah satu layanan yang sedang dikembangkan adalah layanan Repositori.

Repository Perpustakaan UBS pada dasarnya adalah layanan yang digunakan untuk mengelola, menyimpan, dan menyebarluaskan seluruh karya ilmiah dari sivitas akademika UBS. Tujuan utama pembuatan repository Perpustakaan UBS adalah untuk menyimpan seluruh karya ilmiah yang dihasilkan oleh seluruh sivitas akademika. Setiap karya ilmiah yang telah tersimpan dalam repository akan mudah diakses oleh setiap pengguna. Sehingga kebermanfaatan karya ilmiah tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh internal UBS saja, akan tetapi juga bermanfaat untuk masyarakat luas.

Layanan repository perpustakaan UBS bisa diakses melalui http://repositori.ubs-ppni.ac.id:8080/

 

  1. LAYANAN UJI SIMILARITAS

Meningkatnya jumlah mahasiswa UBS berpengaruh terhadap banyaknya jumlah publikasi yang dilingkup UBS, sehingga perpustakaan memberikan layanan uji similaritas.

Toleransi similaritas atau kemiripan suatu karya ilmiah berdasarkan SK Dekan FIKES tersebut yaitu:

    • Prodi D3 Keperawatan, batas maksimal similaritas 50%
    • Prodi D3 Kebidanan, batas maksimal similaritas 50%
    • Prodi S1 Keperawatan, batas maksimal similaritas 30%
    • Prodi S1 Kebidanan, batas maksimal similaritas 30%
    • Prodi Profesi Ners, batas maksimal similaritas 50%
    • Prodi Profesi Bidan, batas maksimal similaritas 50%
    • Prodi S2 Keperawatan, batas maksimal similaritas 25%

Mekanisme layanan uji similaritas sebagai berikut:

    1. Pedoman uji similaritas dapat dilihat disini (https://tinyurl.com/similaritasubs)
    2. Formulir validasi uji similaritas dapat dilihat disini https://tinyurl.com/formsimilaritasubs

 

  1. LAYANAN E RESOURCES

Merupakan koleksi perpustakaan berupa e – journal yang telah dilanggan perpustakaan. Layanan ini dapat diakses disini https://www.proquest.com/login dan https://e-resources.perpusnas.go.id

 

  1. LAYANAN BEBAS PERPUSTAKAAN

Layanan Bebas perpustakaan diberikan perpustakaan sebagai pemenuhan syarat bagi mahasiswa UMM yang membutuhan keterangan untuk beberapa hal yaitu :

  1. Mahasiswa yang telah menyelesaikan Studi ( wisuda ) guna pengambilan ijasah
  2. Pengurusan KTM yang hilang
  3. Pindah Studi ke Institusi/ Universitas lain
  4. Berhenti sementara (cuti)
  5. Berhenti tetap

Bebas tanggungan bahwa mahasiswa tersebut tidak memiliki tanggungan apapun di perpustakaan baik kunci loker, tas laptop, koleksi cetak ataupun hal – hal lain yang berkaitan dengan perpustakaan.

Untuk mendapatkan surat bebas pustaka ini mahasiswa tingkat akhir harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

    1. Tidak memiliki atau bebas dari pinjaman koleksi perpustakaan
    2. Tidak memiliki denda
    3. Telah menyelesaikan upload karya ilmiah (unggah mandiri) ke repositori, hasil unggah karya ilmiah sudah terverifikasi sesuai ketentuan
    4. Menyerahkan hardcopy salinan skripsi yang sudah disahkan
    5. Memberikan sumbangan buku.  
  1. LAYANAN LOKER

Perpustakaan UBS menyediakan layanan loker bagi pengunjung yang berfungsi sebagai penyimpanan tas atau barang bawaan berharga yang lainnya. Apabila barang dititipkan di loker, maka pengunjung tidak akan merasa terganggu ketika memanfaatkan layanan perpustakaan. Loker ini hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang berkunjung ke  Perpustakaan.

Ketentuan Layanan Peminjaman Loker:

      1. Loker hanya diperuntukkan bagi pengunjung Perpustakaan UBS.
      2. Pengunjung dapat menggunakan loker dengan menyerahkan kartu identitas (KTP/SIM) yang berlaku kepada petugas.
      3. Penggunaan loker hanya diizinkan selama pengunjung berada di ruang perpustakaan pada hari yang sama dengan hari peminjaman loker.
      4. Pengunjung Perpustakaan UBS dilarang membawa: jaket (sweater, jumper, dll), tas (tas laptop, ransel, dll), map, makanan, dan minuman. Pengunjung juga dilarang untuk menggunakan celana pendek untuk masuk ke dalam Perpustakaan UBS.
      5. Jika kunci loker tidak dikembalikan hari yang sama, maka pengunjung dikenakan denda sebesar Rp 10.000,-/ hari dan jika kunci loker hilang maka pengunjung dikenakan biaya penggantian kunci sebesar Rp 2000,-